Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Inihead

Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Ini!

Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia adalah rumah bagi ribuan budaya yang kaya akan tradisi dan keunikan tersendiri. Hal ini pun dapat dimanfaatkan untuk menjadi daya tarik wisata, baik untuk turis lokal maupun mancanegara.

Kali ini Prasmul Tourism akan mengajak kamu untuk lebih mengenal festival budaya di Indonesia yang akan berlangsung pada tahun 2017 ini!

Yuk kita simak!

1. Solo Imlek Festival

Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Ini

Sumber: Pegi-Pegi

Dengan banyaknya warga keturunan Tionghoa di Indonesia, Imlek pun telah diakui sebagai hari raya nasional semenjak tahun 2000 di bawah kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid. Meskipun kental dengan tradisi peranakan, Imlek tidak sekedar dirayakan secara meriah oleh warga keturunan Tionghoa saja.

Salah satu contohnya tahun ini adalah Solo. Kota dengan budaya Jawa yang kental ini mengadakan Solo Imlek Festival. Pada festival tersebut, kota Solo tampil gemerlap dengan 5.000 lampion yang tergantung di sepanjang wilayah Pasar Gede hingga Jalan Jenderal Sudirman. Festival ini pun menyajikan pameran batik, festival kuliner, penjualan pernak-pernik Imlek, hingga pertunjukan barongsai.

Pada tanggal 22 Januari 2017 kemarin, pemerintah kota Solo mengadakan atraksi wisata budaya bernama Grebeg Sudiro, sebuah festival budaya yang menggabungkan budaya Tionghoa dengan Jawa dengan mengarak dua buah gunungan yang dibuat dari kue keranjang.

Acara hasil kerjasama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Solo, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Solo, dan Indonesia Marketing Association Solo ini berhasil menarik setidaknya 5.000 wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga festival java jazz 2017 mendatang

2. Festival Danau Sentani 2017

Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Ini2

Sumber: Sieragolf

Beralih ke ujung timur Indonesia. Tahun ini kementerian pariwisata Indonesia kembali bekerja sama dengan pemerintah provinsi Papua untuk mengadakan Festival Danau Sentani yang berlokasi di Danau Sentani, Papua pada tanggal 19 – 23 Juni 2017 nanti.

Beragam acara meriah akan diadakan di atas air danau seluas 9,360 hektar ini. Salah satu yang paling dinanti adalah acara tarian Isolo, sebuah pertunjukan tari akbar yang diikuti oleh ke-16 suku tradisional Papua dari 24 kampung di atas panggung berupa kapal bernama Isosolo.

Pada tahun 2013 sendiri, acara Festival Danau Sentani ini menarik perhatian lebih dari 7.500 wisatawan lokal maupun mancanegara. Kemudian pada tahun 2014, jumlah wisatawan pun meningkat menjadi 8.900 wisatawan.

Kerennya lagi, kabarnya pada tahun 2018 nanti, Festival Danau Sentani ini akan dibuat menjadi lebih besar dan berskala Internasional, lho!

3. Festival Danau Toba 2017

Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Ini3

Sumber: Ransel Nusantara

Kali ini kita beralih ke bagian barat dari Indonesia, yakni ke Danau Toba yang berlokasi di provinsi Sumatera Utara. Festival Danau Toba ini adalah hasil kolaborasi dari kementerian pariwisata dengan pemerintah provinsi Sumatera Utara. Festival ini akan dibuka pada 27 Desember 2017 dan berlangsung selama 4 hari.

Festival Danau Toba memang merupakan salah satu agenda tahunan kementerian pariwisata dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke provinsi Sumatera Utara. Pada tahun 2015, festival yang menampilkan pameran tarian tradisional dan wisata alam ini telah menyabet perhatian lebih dari 14.000 pengunjung.

Pemerintah pun tengah merencanakan agar Festival Danau Toba ini dapat menjadi sarana promosi wisata Sumatera Utara dengan target pengunjung yang ambisius. Pada tahun 2019, kementrian mengharapkan 20 juta wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan lokal.

4. Festival Timba Laor 2017

Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Ini4

Sumber: Blog Reservasi

Kembali ke wilayah timur Indonesia. Kali ini di kepulauan Maluku, tepatnya di kota Ambon, ada satu lagi festival keren, yakni Festival Timba Laor 2017.

Catat tanggalnya, festival ini akan diadakan pada 11-14 Maret 2017.

Festival ini pun terbilang cukup unik dan beda dari yang lain karena festival ini bukanlah pameran kebudayaan ataupun busana daerah, melainkan festival lomba menangkap cacing laut (Lycde Oele) atau yang biasa disebut oleh orang sekitar sebagai ‘laor’ di wilayah Nusaniwe dan Leitimur Selatan. Biasanya di akhir acara akan diadakan kegiatan masak bersama dengan bahan masakan cacing laut yang telah ditangkap.

Festival yang diadaptasi dari tradisi warga lokal secara turun temurun ini telah menarik perhatian kurang lebih 4.000 wisatawan wisatawan lokal dan mancanegara pada tahun 2016 kemarin.

Pantai di sekitaran wilayah Nusaniwe pun kerap dijadikan wilayah favorit untuk melakukan kegiatan snorkeling oleh wisatawan, lho!

5. Festival Tidore 2017

Jangan Lewatkan Event Pariwisata Festival Budaya Indonesia 2017 Ini5

Sumber: Blog Reservasi

Festival Tidore adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Tidore setiap tahunnya untuk memperingati hari jadi kota Tidore yang berumur lebih dari 900 tahun. Festival ini pun akan diselenggarakan selama 3 hari mulai dari tanggal 1 hingga 3 April 2017.

Rangkaian acara yang paling ditunggu adalah kegiatan Dowari, sebuah ritual yang untuk mengawali ritual Soa Romtoha di Maluku Utara. Soa Romtoha sendiri adalah ritual pertemuan lima warga untuk mengambil air dari puncak Gunung Kie Matabu dengan menggunakan Rau untuk dijadikan satu dalam wadah bambu yang disediakan.

Selain itu, acara menarik yang menjadi daya tarik utama adalah Ritual Lufu Kie. Lufu Kie merupakan sebutan bagi armada perang yang berhasil mengusir VOC dari Tidore pada jaman kolonial dulu. Acara ini akan menampilkan formasi armada perang yang terdiri atas Kagunga Sultan (perahu kebesaran sultan) yang dikawal oleh Juanga hongi Taumoy se Malofo, yakni 12 perahu kora-kora tempur kesultanan Tidore.

Tentu saja spectacle menarik ini tidak boleh kamu lewatkan!

Sumber gambar utama: Scientiarum

Have your say