5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional

5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional!

Ada dua bisnis yang nggak bakal ada matinya: travel/tour dan teknologi! Apalagi jika keduanya digabungkan! Orang-orang yang selalu mencari escape kini dimudahkan dengan teknologi untuk bepergian dengan lebih bebas dan praktis.

Buat kamu yang terjun di dalam tourism dan hospitality, pengetahuan tentang platform teknologi di bidang ini nggak boleh kamu lewatkan. Begitu juga dengan para travellers.

Kali ini, Prasmul Tourism akan membahas 5 tech-startup travel ternama di Indonesia, berikut keunikan yang membuat namanya terdengar sampai ke luar negeri!

1. GoIndonesia

5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional2

Sumber: GoIndonesia

Aplikasi GoIndonesia sudah ada semenjak tahun 2012. Startup ini memang lebih fokus dalam penawaran harga hotel. Khususnya hotel-hotel di Indonesia, GoIndonesia mampu menjamin availability kamar hotel meskipun kamu melakukan booking di tanggal-tanggal ramai wisata yang mepet.

Aplikasi ini juga menawarkan beberapa jenis offermulai dari harga early bird, last minute, minimu stay, bonus night, dan juga hot deals. Pokoknya, semua kebutuhan pemesanan hotel bisa kamu temukan!

2. Tawar harga hotel dengan Travelio

5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional3

Sumber: Tech in Asia

Kamu bisa tebak kenapa maskotnya Singa? Travelio adalah startup travel yang menyediakan layanan pencarian hotel. Namun, berbeda dengan aplikasi sejenisl lainnya, Travelio punya fitur yang sangat menarik.

Travelio bisa menawarkan hotel kelas atas dengan harga yang sangat terjangkau. Siapa yang tidak mau? Dengan Travelio, kamu melakukan penawaran harga terhadap kamar idamanmu.

Aplikasi ini akan mendaftar semua harga dari berbagai situs booking hotel lainnya. Setelah mendapatkan harga rata-rata, kamu bisa memilih dari satu situs dan langsung melakukan bargain harga!

Baca juga hotel di pulau alternatif Maldives di Indonesia

3. Rajakarcis punya tiket ke event apa saja!

5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional4

Sumber: Mysmailing

Bagi kamu yang gemar menghadiri event dan jalan-jalan, kamu pasti pernah dengar tentang Rajakarcis. Startup yang menjual berbagai jenis event tickets ini sudah merupakan medium utama ketika orang-orang untuk mencari tiket ke mana saja.

Tidak hanya menyediakan tiket event saja. Di Rajakarcis, kamu juga bisa membuat page untuk event-mu sendiri! Sistem dari Rajakarcis akan membantu kamu mempromosikan page event kamu kepada target pasar yang jelas. Tidak hanya tiket, kamu juga bisa menjual merchandise!

4. Yang paling kita kenal: Traveloka

5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional5

Sumber: Blog Traveloka

Pasti semuanya pernah mendengar tentang Traveloka. Startup travel raksasa ini sudah sangat dikenal bahkan di luar tanah air. Bahkan menurut riset, aplikasi ini sudah digunakan di 250 negara.

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan Traveloka, aplikasi ini bisa mencari tiket penerbangan, tiket kereta, serta tempat menginap sesuai dengan kebutuhan kamu! Dari perusahaan agen travel, Traveloka sudah menduduki posisi #21 di dunia.

Traveloka juga menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan aplikasi agen travel lainnya. Selain itu, hal lain yang membuat aplikasi ini sangat populer adalah penawaran promonya yang berlimpah!

5. Bridestory

5 Startup Hospitality & Tourism Indonesia Yang Sukses Dikenal Secara Internasional6

Sumber: Ice-Indonesia

Tidak hanya di bidang travel dan entertainment saja, startup Indonesia juga sudah berhasil membuat aplikasi pernikahan yang dikenal dengan Bridestory. Startup ini menyediakan berbagai vendor pernikahan yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi kamu.

Mulai dari memilih tempat alias venue, catering, entertainment, fotografer, busana, serta suvenir, semuanya bisa kamu atur melalui aplikasi Bridestory.

Yang lebih kerennya, aplikasi ini sudah tidak lagi hanya dikenal di Indonesia saja. CEO Bridestory –Kevin Mintaraga– bahkan sudah menetapkan target market-nya ke Asia Pasifik. Dan hasilnya? Bridestory mampu mengepakan sayapnya ke negara luar.

Bahkan, Bridestory mengklaim mempunyai lebih dari 10.000 vendor dan lebih dari 250.000 pengantin per bulannya.

Untuk membuat usaha startup yang sukses memang butuh dedikasi tinggi dan kemampuan teknis yang mendalam. Untungnya, kamu bisa menguasai semua kemampuan tersebut di Universitas Prasetiya Mulya!

Universitas yang baru saja meluncurkan program studi terbarunya di jurusan perhotelan adalah merupakan ahli dalam hal bisnis dan marketing-nya. Bagi yang berminat untuk bekerja di bidang perhotelan serta Event & Tourism, Universitas Prasetiya Mulya merupakan pilihan yang tepat. Usaha yang tinggi ditambah dengan pengajaran yang tepat pasti akan membuahkan hasil sukses seperti CEO-CEO dari startup lokal ini. Yuk, mulai karirmu di bidang bisnis tourism dan hospitality dari sekarang!

Sumber gambar utama: Pikachu

Have your say