kesuksesan event

Pemberdayaan Media Massa, Kunci Untuk Kesuksesan Event Manapun

Pernahkan sobat Prasmul Tourism terlibat dalam pembuatan sebuah event? Hayo diingat-ingat lagi masa-masa SMP dan SMA, pasti pernah dong membantu sekolah dalam membuat kegiatan pentas seni atau kompetisi olahraga antar sekolah? Apa sih salah satu faktor penting dalam membuat event-event tersebut menjadi ramai dan sukses?

Ya, jawabannya adalah publikasi!

Sebuah event yang sukses tidak akan lepas dari peranan publikasi yang baik. Coba bayangkan, jika tidak dipublikasikan, siapa yang akan hadir dalam acara pentas seni sekolah yang telah kamu persiapkan dengan susah payah bersama teman-teman baikmu? Kamu pasti juga pernah membantu menyebarkan brosur dan juga poster ke sekolah-sekolah di sekitar tempatmu tinggal untuk memperkenalkan event yang kamu bantu buat itu.

Untuk event skala kecil dan bersifat lokal seperti pentas seni dan kompetisi olahraga antar sekolah, publikasi sebatas poster, spanduk, dan juga brosur mungkin terbilang cukup. Tetapi bagi kamu yang kini ingin mencoba tantangan yang lebih sulit dengan membuat event berskala besar, kamu akan membutuhkan publikasi lebih dari itu.

kesuksesan event

Sumber: Oxford Dictionaries Blog

Kamu harus mulai memiliki mindset untuk memanfaatkan media massa, baik cetak, elektronik, maupun online. Peranan media massa sangatlah krusial dalam mensukseskan sebuah event dengan skala besar.

Kamu pasti pernah dong melihat iklan event berskala besar seperti Java Jazz, Gaikindo, atau Big Bad Wolf Books di media cetak favorit kamu? Kamu pun menjadi tahu dan mungkin tertarik dengan event-event tersebut.

Begitulah kurang lebih cara kerja media massa dalam memperkenalkan dan menggaungkan sebuah event besar sehingga event tersebut menjadi ramai pengunjung.

Hal senada pun diungkapkan oleh Bapak Lukminto Wibowo selaku General Manager Event Harian Kompas. “Percuma bikin event capek-capek tapi tidak masuk amplifikasi!” ungkapnya dalam acara Eventnesia 2017 pada 18 Maret kemarin.

kesuksesan event

Sumber: Prasetiya Mulya

“Kalau untuk acara sekelas Jember Fashion Carnaval memang sudah menjadi gula bagi para wartawan media massa untuk meliput. Namun, bukan berarti event-event baru menjadi tidak mendapatkan kesempatan untuk diliput,” ungkap Bapak Lukminto saat menjawab salah satu pertanyaan dari peserta Eventnesia 2017. “Justru kalian lah yang menjadi organizer harus lebih proaktif dalam mengundang dan memanfaatkan media massa,” tambahnya.

Dalam talkshow Eventnesia 2017 itu pula Bapak Lukminto menjelaskan pentingnya memanfaatkan strategi pemasaran pull dan push secara efektif terutama dalam event pariwisata, “Yang biasa dilakukan oleh event-event pariwisata di Indonesia lebih bersifat pull strategy padahal push strategy pun dapat memberikan dampak yang lebih besar untuk mengundang wisatawan dari mancanegara!”

Secara singkat, pull strategy berarti mempromosikan dan mempublikasikan event secara intensif di lokasi sekitar event saja. Misalkan sebuah event pariwisata lampion Imlek di Solo pada bulan Februari kemarin hanya dipublikasikan di Solo dan sekitarnya saja.

Jika yang ditargetkan hanya turis lokal, maka publikasi pull strategy terbilang cukup. Namun, jika ingin menarik jumlah turis yang lebih besar dari kota-kota lainnya maupun dari mancanegara, perlu dilakukan strategi push.

kesuksesan event

Sumber: U.S. – Wall Street Journal

Strategi push ini berarti “mendorong” publikasi sebuah event ke tempat yang dituju dan diharapkan untuk mendatangkan banyak peserta event. Seperti contohnya ketika Indonesia ingin meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dengan kampanye Wonderful Indonesia, maka perlu dibuat publikasi di negara yang dituju. Bisa jadi dengan memasukkan iklan kampanye Wonderful Indonesia ke media massa seperti koran ataupun siaran televisi nasional di negara yang dijadikan target.

Push strategy ini pun dapat diibaratkan dengan istilah “jemput bola” dan merupakan strategi marketing yang lebih aktif dibandingkan pull strategy. Namun, jika kedua jenis strategi ini dapat dilaksanakan dengan baik secara sinergi, maka sebuah event pun akan terpublikasi dan teramplifikasi dengan baik sehingga menjadi lebih sukses.

kesuksesan event

Sumber: Pinterest

Nah, buat kamu sobat Prasmul Tourism yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang entrepreneur besar, pastikan kamu memanfaatkan media massa dengan baik ya agar event yang kamu buat dapat menjadi ramai dan sukses.

Atau buat kamu yang ingin mencari ilmu dalam membuat event secara professional, kamu bisa bergabung dengan S1 Event Prasetiya Mulya! Di program studi S1 Event ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk membuat sebuah event, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan juga kegiatan pasca event tersebut secara lengkap!

Tunggu apa lagi? Buruan daftar yuk dan jadi the next innovators! #WeAreIn! Are you?

Sumber gambar utama: Reference

Have your say