Mengenal Divisi Event Dalam Dunia Korporasi

Berbicara mengenai event, umumnya kita akan membayangkan acara umum yang bertema leisure. Seperti pameran otomotif, pameran buku murah, ataupun pameran pariwisata. Dan biasanya, berbagai acara tersebut diorganisir oleh sebuah event organizer profesional. Jarang sekali kita mendengar istilah event korporat, atau divisi event dalam sebuah perusahaan.

Namun, bagaimana dengan event-event khusus dengan tema yang lebih serius yang diusung oleh korporat?

1. Divisi Event Dalam Sebuah Perusahaan

Event Korporat

Sumber: Sardinia MICE Network

Memang dalam dunia korporasi, event yang diusung biasanya bertajuk MICE (Meeting, Incentives, Conference, Exhibition) dengan target peserta yang lebih spesifik. Dan sudah banyak juga event organizer yang memfokuskan diri mereka sebagai organizer MICE Events.

Tetapi, belakangan ini sudah banyak perusahaan yang mulai menyadari bahwa dengan membangun sebuah divisi event dalam perusahaan mereka sendiri, perusahaan dapat memangkas pengeluaran cukup banyak ditambah dengan keuntungan lainnya.

Pada acara Eventesia 2017 kemarin yang diselenggarakan pada 18 Maret di Universitas Prasetiya Mulya kampus BSD, Bapak Sigit Purwa Septiadi, selaku Executive VP of Retail & Passenger Services Angkasa Pura Solusi, membagikan kisah pengalamannya dalam membangun divisi event internal untuk Garuda Indonesia sebagai contoh peluang berkembangnya karir dalam dunia event korporat.

“Jadi dalam korporasi ini akan sedikit berbeda pola pikirnya dengan event organizer biasa. Di sini seorang EO harus bisa mempunyai pola pikir yang bisa membawa image perusahaan dan memanfaatkan image perusahaan itu,” ungkap Bapak Sigit, yang menjadi pembicara di acara tersebut.

Beliau pun menceritakan bagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, PT. Garuda Indonesia menggelar lebih dari 360 acara dalam satu tahun dan seluruh acara itu diurus oleh event organizer eksternal. Dari kejadian ini, Bapak Sigit merasa bahwa perusahaan dapat menghemat cukup banyak jika memiliki divisi event internal. Beliau pun akhirnya ditantang untuk membuktikan bahwa Garuda Indonesia memang membutuhkan divisi event internal.

2. Membawa _Image_ melalui Event Korporat

Event Korporat

Sumber: Garuda Indonesia

“Bagaimana meyakinkannya? Yakinkan dari segi angka!” ujarnya. “Dengan dibuat divisi event, kita akan hemat biaya untuk event organizer!”

Bapak Sigit pun menegaskan bahwa dalam dunia korporasi, divisi event sangat penting untuk memiliki tim yang berisikan orang-orang yang mumpuni dalam bidang event dan juga didukung oleh orang-orang yang memiliki kemampuan bisnis dan akuntansi.

Pada dasarnya, pelaksanaan event sangat kental urusannya dengan budget dan dalam sebuah perusahaan orang yang memiliki pengetahuan bisnis dan business identity sangatlah penting peranannya karena event korporat akan selalu membawa image perusahaan.

3. Tugas Utama Divisi Event Korporat

Event Korporat

Ketika ditanya mengenai tugas divisi event dalam korporasi, Bapak Sigit membagi tugas utama divisi event korporat menjadi tiga bagian.

Yang pertama adalah membangun reputasi perusahaan. Event yang dilaksanakan oleh perusahaan besar dengan skala global seperti contohnya Garuda Indonesia tentu haruslah terlaksana dengan standar yang tinggi dan membawa identitas yang kental dan mudah dikenal oleh setiap pelanggan setianya di manapun event tersebut akan dilaksanakan.

Yang kedua adalah sebagai vocal point. Hal ini dikarenakan tim event akan menjadi frontliner dalam membawa image perusahaan dalam setiap event yang dilaksanakan. Jika event tersebut dilaksanakan dengan baik, maka selain membangun reputasi baik terhadap perusahaan, image branding kepada konsumen dan mitra bisnis pun akan terbangun dengan baik.

Dan yang ketiga adalah untuk menjaga standarisasi tata laksana. Kualitas event yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan haruslah memiliki standar tertentu yang harus disetarakan pada seluruh event. Jangan sampai ada event yang eksekusinya di bawah standar dan malah menjelekkan citra perusahaan.

4. Membangun Event Korporat melalui Bidang Akademik

Event Korporat

Sumber: Cerita Prasmul

Lalu, bagaimana kah agar sobat Prasmul Tourism dapat menjadi bagian dari divisi event korporat yang handal? Mulailah dengan mendaftar di S1 Event Prasetiya Mulya!

Dalam jurusan S1 Event Prasetiya Mulya, selain dibelaki dengan pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisir sebuah event, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai akunting yang sangat dibutuhkan dalam dunia event korporat!

“Saya sendiri yakin bahwa nantinya lulusan S1 Event Prasetiya Mulya ini tidak akan kesulitan untuk menemukan karirnya di dunia korporat,” pungkas Bapak Sigit pada acara Eventesia 2017 kemarin.


So, tunggu apa lagi, kawan?

Sumber gambar utama: Pixabay

Have your say