posisi di kapal pesiar

7 Jenjang Karir di Kapal Pesiar yang Beda dengan Hotel!

Sebagai anak lulusan perhotelan, mungkin kamu berpikir kalau karir kamu selanjutnya bakal begitu-begitu saja dan terbatas hanya di area perhotelan. Tapi kenyataannya malah sebaliknya!

Tidak perlu khawatir, dengan perkembangan pesat di industri kapal pesiar saat ini, kamu bisa melamar posisi di kapal pesiar yang unik dan berbeda dengan hotel, loh!

Mau tahu apa saja posisi di kapal pesiar itu? Yuk, simak 7 poin di bawah!

1. Deck Supervisor

posisi di kapal pesiar

Sumber: Princess

Posisi di kapal pesiar yang satu ini mempunyai tugas untuk memonitor dan mengawasi cabin steward dalam satu atau lebih area dek kapal.

Selain itu, posisi yang juga bernama accommodation supervisor dan housekeeping supervisor ini bertanggung jawab memberikan pelatihan atau on job training kepada cabin steward dan juga melaporkan masalah pemeliharaan kapal khususnya cabin dan dek.

Jika kamu tertarik menjadi deck supervisor, kamu harus berpengalaman di departemen housekeeping di kapal pesiar ataupun hotel.

2. Captain’s Steward

posisi di kapal pesiar

Sumber: Cruise Advice

Posisi di kapal pesiar yang satu ini tidak ada di hotel karena bertanggung jawab untuk membersihkan kabin kapten dan seluruh karyawan senior dalam dek yang sama. Selain itu, kamu juga diminta untuk mengantarkan makanan dan menyiapkan ruang rapat kapten.

Dengan minimal satu kali kontrak sebagai officer’s cabin steward, kamu berpeluang untuk mendapatkan posisi captain’s steward ini. Disamping itu, pengalaman di departemen housekeeping kapal pesiar ataupun hotel berbintang akan sangat membantu!

3. Pool Deck Service Host

posisi di kapal pesiar

Sumber: Disney Cruise Line

Mempunyai nickname yang berbeda-beda seperti deck attendant di Princess Cruises dan pool deck service host di Disney Cruise Line, posisi yang satu ini bertugas untuk menyiapkan dan membersihkan kursi dek.

Sesuai dengan namanya, posisi yang hanya ada di kapal pesiar ini bertanggung jawab atas area dek kolam renang dari melipat kursi dek pada malam hari dan saat angin kencang hingga membersihkan kolam renang.

Sama dengan stateroom steward, kamu harus mempunyai pengalaman di departemen housekeeping hotel ataupun kapal pesiar untuk bekerja sebagai pool deck service host.

4. Butler

posisi di kapal pesiar

Sumber: Cruise Passenger Magazine

Posisi yang satu ini biasanya ada di kapal pesiar super mewah seperti Silversea Cruises, Azamara Club Cruises dan Regent Seven Seas. Sebagai butler kamu bertugas untuk membantu pengepakan, pembongkaran, mengantarkan room service, membuat reservasi, dan mengurus pesta cocktail di kapal pesiar.

Baca juga: 5 Hotel Baru Indonesia di Destinasi yang Sedang Hits

Dengan pengalaman minimal dua tahun sebagai butler di kapal pesiar ataupun hotel, kamu berkesempatan mendapatkan posisi ini. Tapi, kamu akan diutamakan kalau mempunyai latar belakang di food and beverage, menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, atau menempuh pendidikan khusus sebagai butler.

5. Florist

posisi di kapal pesiar

Sumber: Crystal Cruises

Mendapatkan panggilan facilities horticulturist di kapal pesiar Royal Caribbean, seorang florist bertanggung jawab atas seluruh tanaman yang ada di kapal.

Bertugas menyiram dan merawat tanaman hingga mengganti tanaman layu dengan segar, florist juga bertanggung jawab dalam inventaris lokasi tanaman di atas kapal.

Kalau kamu punya kualifikasi minimal dua tahun dalam merawat tanaman dan familiar dengan pestisida tanaman, kamu bisa apply untuk mengisi posisi ini!

6. Cruises Staff Department

posisi di kapal pesiar

Sumber: Disney Cruise Line

Posisi di kapal pesiar ini bertanggung jawab untuk meningkatkan pengalaman berlibur di kapal pesiar dengan mengadakan berbagai aktivitas di atas kapal pesiar. Mulai dari trivia games, kontes, dan kelas menari.

Kru tim ini juga bertanggung jawab mengadakan serangkaian acara khusus seperti pesta yang mengundang artis tamu dan kelas latihan berkelompok seperti zumba.

7. Upholsterer

posisi di kapal pesiar

Sumber: Cruise Critic Message Board Forum

Posisi di kapal pesiar yang satu ini bertugas dalam pemeliharaan karpet dan perabotan kain di seluruh area kapal termasuk memperbaiki jika ada kerusakan.

Selain itu, upholster juga bertanggung jawab dalam mengubah atau memperbaiki ukuran seragam para kru kapal. Oleh karena itu, kalau kamu ingin mengisi posisi ini, kamu harus mempunyai pengalaman di bidang jahit menjahit.


Ternyata ada banyak posisi di kapal pesiar yang berbeda dengan hotel ya! Tentunya hal ini membuka peluang kerja bagi kamu-kamu yang suka bekerja sekaligus traveling.

Dengan berbagai posisi di kapal pesiar di atas menunjukkan prospek dan jenjang karir jurusan hospitality and tourism yang menjanjikan. Tidak hanya bekerja di hotel, sebagai lulusan hospitality, kamu juga bisa memilih untuk berkarir dan berlayar di kapal pesiar!

Nah, oleh karena itu kamu bisa mulai membekali diri dengan belajar hospitality and tourism di Prasetiya Mulya. Selain itu, kamu juga bisa kunjungi situs resmi harian universitas Prasmul untuk melihat cerita-cerita dari para Prasmulyan.

Sumber gambar utama: Cruise Reservation Direct

Have your say