Bisnis Restaurant

Bisnis Kuliner: 7 Sosok ini Buktikan Sukses Melalui Bisnis Restaurant-nya!

Industri kuliner termasuk industri yang sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sadar nggak sadar saat kamu menyantap makan di restaurant atau berbelanja bahan makanan di supermarket kamu telah membantu para tokoh bisnis restaurant dan kuliner berikut mengembangkan bisnisnya.

Sosok-sosok berikut menjadi bukti nyata bahwa dunia bisnis restaurant dan kuliner masih sangat menjanjikan!

1. Emeril Lagasse

Bisnis Restaurant

Sumber gambar: Eater

Awalnya, Emeril Lagasse memiliki impian untuk menjadi chef dan berhasil meraih mimpinya setelah menjadi Excetuvie Chef di Commander’s Palace, salah satu restaurant terbaik di New Orleans hingga saat ini.

Ia kemudian mencoba membuka restaurantnya sendiri pada 1990 dengan nama Emeril’s. Bisnisnya kemudian berkembang hingga ia berhasil membuka 11 restaurant lainnya. Pada 1992 ia memulai karirnya di layar kaca dan memiliki acara masaknya sendiri.

Kini, bisnisnya mulai berkembang ke peralatan dapur hingga produk makanannya yang membuatnya menjadi salah satu chef terkaya di dunia.

2. Gordon Ramsay

Bisnis Restaurant

Sumber: nlcafe

Siapa yang nggak kenal sosok satu ini? Ia merupakan celebrity chef yang tampil sebagai juri di acara Master Chef dan juga acara Hell’s Kithcen yang diadaptasi dari restaurant miliknya sendiri.

Sebelum memiliki 25 restaurant dan terkenal seperti sekarang, Ramsay memulai karirnya dengan mempelajari manajemen hotel dan mengikuti pelatihan dengan para chef top. Restaurant pertamanya adalah Restraurant Gordon Ramsay. Restaurant ini kini sudah mengumpulkan tujuh Michelin Stars dan Ia sendiri memenangkan berbagai penghargaan.

Dengan penghasilannya saat ini, ia termasuk salah satu chef dengan bayaran termahal di dunia.

3. David Chang

Bisnis Restaurant

Sumber gambar:XOXO

David Chang adalah chef yang terkenal akan resep mie-nya. Ia membuka bisnis restaurant pertamanya, Momofuku Empire, sebuah noodle bar di New York. Meski sempat menghadapi masa krisis, David berhasil mengembangkan bisnisnya hingga kini memiliki 13 restaurant, sebuah toko roti, dua bar, dan sebuah akademi memasak di beberapa negara.

Selain itu, baru-baru ini ia juga membangun sebuah startup bernama Ando, restaurant yang hanya melayani pesan antar melalui aplikasi yang bekerja sama dengan UberRush.

4. Jamie Oliver

Bisnis Restaurant

Sumber gambar:huffingtonpost

Sosok dibalik bisnis restaurant satu ini juga merupakan celebrity chef yang terkenal karena vokal akan kuliner sehat. Jamie Oliver bahkan memiliki kampanye “Feed Me Better” dan yayasan sosialnya sendiri.

Selain memiliki lebih dari 40 restaurant, Jamie juga telah menerbitkan 16 buku memasak, berbagai acara TV, perabotan dapur, dan menjadi juru bicara berbagai produk makanan internasional.

5. Paul Bocuse

Bisnis Restaurant

Sumber gambar:FineDiningLovers

Pria satu ini dijuluki chef terbaik dari para chef. Nggak hanya karena ia telah menelurkan beberapa nama chef terkenal, namanya juga digunakan sebagai penghargaan tertinggi dalam bidang kuliner di dunia!

Melalui akademi memasak yang ia bangun, restaurant-restaurant yang ia miliki hingga hotel, Ia berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 200 milyar USD. Nggak heran ia dijuluki chef abad ini oleh Culinary Institute of America.

6. Arnold Poernomo

Bisnis Restaurant

Sumber gambar:eviannisa

Pebisnis kuliner selanjutnya berasal dari Indonesia. Arnold Poernomo mulai dikenal setelah penampilannya sebagai juri Master Chef Indonesia. Pria yang kerap disapa chef Arnold ini memang lahir di keluarga pecinta kuliner dan sudah mulai masuk ke dunia dapur sejak usia 14 tahun.

Chef Arnold memulai karirnya di beberapa restaurant di Sydney sebagai pencuci piring sebelum akhirnya diperkenalkan dengan berbagai teknik memasak dan kini sukses membangun restaurantnya sendiri, Nomz Kitchen.

Selain dirinya, sang adik Reynold juga menekuni industri yang sama dan menjadi salah satu kontestan Master Chef Australia pada musim ke-7.

7. Tilman Fertitta

Bisnis Restaurant

Sumber gambar:CNBC

Bila sosok-sosok sebelumnya berangkat dari chef, pria satu ini justru murni seorang pebisnis. Tilman Fedrtitta terkenal akan spesialisasinya mengambil alih restaurant yang tengah terpuruk dan membangunnya kembali menjadi bisnis yang menjanjikan.

Hingga saat ini, perusahaan yang ia kelola memiliki lebih dari 500 restaurant. Dan nggak cuma itu, perusahaan Fertitta juga memiliki lebih dari 60 brand dan beberapa hotel serta casino di berbagai negara.


Dunia kuliner yang lezat ternyata menyimpan model bisnis yang sangat menjanjikan, bukan? Nggak ada salahnya jika kamu memperdalam pengetahuanmu mengenai bisnis dalam industri ini melalui berbagai program studi yang ada di Prasetiya Mulya sebelum benar-benar terjun ke bisnis restaurant dan kuliner.

Jadi, sudah nggak ragu lagi untuk menekuni bidang bisnis satu ini bukan? Untuk lebih mengenal karya-karya kuliner Indonesia, cek juga Cerita Prasmul yang dipenuhi dengan kisah-kisah alumni universitas Prasetiya Mulya!

Sumber gambar utama: MikesPhotos

Have your say