Tokoh Bisnis Perhotelan

7 Sosok yang Sukses Melalui Bisnis Perhotelan

Industri pariwisata, khususnya dalam bidang perhotelan merupakan industri yang sangat menjanjikan jika kamu benar-benar serius menekuninya. Nggak heran bermunculan tokoh bisnis perhotelan dengan pengalaman bisnisnya yang sangat inspiratif.

Masih nggak yakin? Inilah tokoh-tokoh bisnis perhotelan yang telah membuktikan mampu meraih kesuksesan di industri ini!

1. Sheldon Adelson

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber gambar: Business Insider

Tokoh bisnis perhotelan satu ini merupakan sosok dibalik kesuksesan dari Las Vegas Sands Corporation yang dibangunnya. Sheldon Gary Adelson kini menjabat sebagai CEO dari perusahaan yang membawahi Marina Bay Sands di Singapura, The Venetian Resort Hotel Casino dan berbagai nama besar lainnya ini.

Pada Agustus 2016, Sheldon tercatat dalam majalah Forbes dengan kekayaan hingga 32.2 milyar USD! Namun, dengan kekayaan yang bombastis ini, ia juga dikenal karena memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan membangun Adelson Foundation yang diprakasai sosok istrinya.

2. Conrad dan Barron Hilton

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber: Destination 360

Pada tahun 1919, Conrad Hilton yang kerap gagal berinvestasi di Bank membeli Hotel pertamanya. Dengan jumlah 40 kamar, hotel bernama Mobley Hotel di Texas ini ternyata meraih kesuksesan sehingga ia mulai membuka hotel keduanya, Dallas Hiltonpada 1925.

Meski sempat mengalami masa sulit saat terjadi krisis ekonomi yang memaksanya menjual beberapa hotel yang ia miliki, Conrad berhasil bertahan dan menjadi Hotel pertama yang memiliki jaringan Internasional pada 1948.

Conrad kemudian meninggal pada Januari 1979, namun hal ini nggak menghentikan jaringan bisnis Hilton karena kesuksesan yang sama diulang oleh anaknya Barron Hilton. Barron sendiri memulai karir sebagai operator elevator di El Paso Hilton pada 1951 sebelum kemudian menjadi presiden dari seluruh kerajaan bisnis Hilton pada 1966.

Pada masa kepemimpinannya, Barron berhasil mengembangkan perusahaan Hilton ke berbagai bidang termasuk hiburan dengan dibangunnya Las Vegas Hilton. Ia juga berhasil menjadikan Hilton sebagai perusahaan perhotelan terbesar ketiga di seluruh dunia pada akhir tahun 90-an.

3. J.W Marriot and Richard Marriott

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber gambar:huffingtonpost

Satu lagi nama yang sudah nggak asing di dunia perhotelan adalah J. Williard Marriott. Pada 1920-an pria yang akrab disapa Bill ini merupakan pemilik dari beberapa gerai root beer di Washington D.C. Namun pada 1957 ia mulai menapakkan kakinya ke dalam industri perhotelan lewat Twin Bridges Hotel yang ia bangun di Arlington.

Williard kemudian dibantu oleh saudaranya Richard Marriot untuk mengontrol jaringan internasional dari perusahaannya yang memiliki lebih dari 100 properti di seluruh dunia termasuk Marriott Marquis New York dan Ritz-Carlton San Fransisco.

4. Caesar Ritz

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber gambar:HotelierMiddleEast

Salah satu sosok hotelier paling legendaris adalah Cesar Ritz. Lahir di Swiss di keluarga petani, ia memulai karirnya di Le Splendide di Paris hingga akhirnya menjadi manager dari dua hotel sekaligus yaitu Grand Hôtel National di Lucerne dan Grand Hôtel di Monako pada tahun 1878 hingga 1888.

Ritz terkenal akan kemampuannya memahamu kebutuhan dan keinginan dari para tamu kaya dan hal ini menjadi dasar baginya untuk mengenalkan “luxury hospitality” pada dunia.

Setelah kemudian sukses dengan bisnis restoran yang ia bangun pada 1888, Ritz membuka hotel miliknya Hôtel Ritz di Paris yang kemudian disusul dengan The Ritz Hotel di London yang kemudian terkenal sebagai tempat bertemunya para tokoh terkenal dan kaya di Eropa saat itu.

Setelah meninggal, Ritz mewarisi standar tinggi yang masih menjadi panutan bagi para hotelier yang bergerak pada kelas hotel-hotel mewah.

5. Ty Warner

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber gambar:Forbes

Tokoh bisnis perhotelan selanjutnya adalah Ty Warner yang mengawali kesuksesannya lewat perusahaan mainannya yang memproduksi Beany Baby yang meledak di pasaran pada saat itu. Melalui kesuksesannya ini, ia kemudian membeli Four Seasons New York pada akhir 90-an.

Sembari tetap menjalankan bisnis mainannya, Ty terus-terusan mengembangkan jaringan bisnis hotelnya seperti dengan membeli San Ysidro Ranch dan juga Four Seasons Blitmore Resort. Kini jaringan hotelnya bahkan menjangkau California, Hawaii, Mexico, dan Florida.

Salah satu kamar di Hotel Ty Warner Penthouse Suite bahkan disebut-sebut sebagai kamar hotel termahal di dunia dengan harga mencapai 41.836 USD permalamnya!

6. Thomas Pritzker Hyatt

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber gambar:Yosef Meystel

Thomas Pritzker juga merupaka keturuan dari konglomerat. Meski ia mewarisi kekayaan tidak sebesar saudara dan sepupu-sepupunya, ia dipercaya untuk menjadi CEO dan Executive Chairman dari Hyatt Corporation yang memiliki lebih dari 400 properti di seluruh dunia termasuk Andaz dan Brand dari Grand Hyatt Resort.

Selain berkecimpung di bisnis perhotelan ia juga aktif di kegiatan sosial dan pendidikan. Pritzker merupakan chairman dari Art Institute of Chicago dan Center for Strategic and International Studies. Ia juga mengorganisir Pritzker Neuropsychriatric Disorders Research Consortium dan menjadi Direktur di UCLA.

7. Donald Trump

Tokoh Bisnis Perhotelan

Sumber gambar:CNN

Tokoh bisnis perhotelan satu ini kini tengah sangat populer karena baru saja terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat menggantikan Barack Obama. Mewarisi kekayaan dari ayahnya Fred Trump, ia nggak menyia-nyiakannya. Segera setelah menyelesaikan pendidikannya di University of Pennsylvania, ia membangun ulang Commondore Horel dan membukanya sebagai Grand Hyatt New York pada 1980.

Donald kemudian membuka Trump International Hotel and Towers di New York, Chicago, Las Vegas, hingga ke Kanada dan Panama. Hingga saat ini, perusahaannya terus mengembangkan jaringan bisnis propertinya termasuk perhotelan keseluruh dunia dan mulai memasuki pasar Asia.


Meski tokoh-tokoh bisnis perhotelan ini ada yang mewarisi kekayaan dan ada pula yang merintis dari bawah, satu hal yang membuat mereka berhasil sukses dalam Industri ini adalah kerja keras dan kecerdasan mereka dalam berbisnis!

Kamupun bisa menjadi seperti mereka. Cara mudah untuk memulai industri ini adalah dengan melanjutkan jenjang akademismu ke Prasetiya Mulya yang memiliki berbagai pilihan jurusan perhotelan yang akan membantumu mengenal lebih dalam bisnis satu ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi situs Prasetiya Mulya untuk informasi selengkapnya.

Have your say