prinsip sustainable tourism

Perdalam Wawasan Tourism Business-mu dengan 10 Prinsip Sustainable Tourism Ini!

Berbicara soal pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism erat kaitannya dengan ecotourism. Mengapa diperlukan prinsip sustainable tourism dalam membangun industri ecotourism? Hal ini dikarenakan ecotourism benar-benar mengandalkan alam serta budaya lokal yang mudah terancam punah atau rusak.

Pada 1991, sebuah badan bernama Tourism Concern mengenalkan 10 prinsip sustainable tourism yang terasosiasi “dengan World Wildlife Fund for Nature”. Inilah kesepuluh prinsip yang dapat menjamin keberlanjutan bisnis pariwisata!

1. Penggunaan Sumber Daya secara Berkelanjutan

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: Skeeze

Manajemen sumber daya adalah salah satu kunci utama dari menjaga keberlanjutan suatu industri, termasuk pariwisata. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sumber daya yang tidak merusak dan mengubah lingkungan, budaya, sosial, hingga alam setempat.

2. Mengurangi Konsumsi Berlebih dan Limbah

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: bluebudgie

Masih sedikit menyinggung manajemen sumber daya, pemanfaatan sumber daya se-efektif dan se-efisien mungkin sangatlah penting. Minimalisir juga limbah yang dihasilkan dari pengelolaan sumber daya serta penggunaan sumber daya untuk keperluan yang tidak terlalu diperlukan.

Hal sederhana namun berdampak yang bisa menjadi contoh adalah pengaturan sistem sanitasi. Pemanfaatan ulang air kotor hingga pengelolaan air bersih secara siklik bisa banyak membantu keberlanjutan dari sumber daya tersebut.

Hal-hal serupa juga bisa dilakukan pada beberapa sumber daya lain.

3. Menjaga Keanekaragaman Hayati

prinsip sustainable tourism

Sumber: Sarangib

Keberagaman nyatanya merupakan sebuah daya tarik wisata jika pengelolaannya yang benar. Meskipun terkadang ada beberapa hal yang dianggap tidak memiliki nilai jual bahkan merugikan, sebagai pelaku industri pariwisata ada baiknya kita hanya mengontrol tanpa memusnakan satu elemen tertentu.

Tertutama elemen-elemen yang sulit atau bahkan tidak bisa dikembalikan seperti semula seperti ekosistem hingga flora dan fauna.

4. Mengintegrasi Pariwisata ke dalam Perencanaan

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: NikolaiFrolockin

Pengelolaan pariwisata yang baik harusnya terencana secara matang dalam jangka waktu panjang dan juga holistik. Hal ini sangat penting karena satu tindakan akan berdampak luas dan dalam jangka waktu yang tidak dapat diduga.

5. Mendukung Ekonomi Lokal

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: einszweifrei

Dengan langkah yang tepat, pariwisata bisa mendukung perekonomian lokal. Nggak hanya membantu warga lokal, dengan meningkatnya perekonomian setempat, secara nggak langsung akan meningkatkan pariwisata di lingkungan tersebut.

6. Mengembangkan Komunitas Lokal

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: sasint

Salah satu cara membuat pariwisata cepat berkembang tanpa merusak ruang budaya, sosial, dan lingkungan adalah dengan merangkul komunitas lokal. Siapa lagi yang memahami lingkungan budaya serta sosial sebaik komunitas lokal?

7. Consulting stakeholders and the public

prinsip sustainable tourism

Sumber: Jamesoladujoye

Dalam industri pariwisata, terkadang pemain bisnis yang berada di belakang layar belum tentu memahami atau peduli terhadap sustainability. Maka dari itu, penting untuk selalu terbuka dan menjalin komunikasi antar segala pihak mengenai langkah atau keadaan lingkungan pariwisata tersebut.

8. Pelatihan

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: Nikolayhg

Salah satu mata rantai yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan pariwisata adalah pelatihan yang tepat sasaran. Tentunya tanpa terkecuali semua pelaku industri pariwisata dari yang paling atas hingga bawah sangat perlu dibekali pengetahuan mengenai pariwisata berkelanjutan agar mampu menerapkannya dalam keseharian mereka.

9. Pemasaran Pariwisata yang Bertanggung Jawab

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: Fotshot

Pemasaran memegang perananan penting dalam mengembangkan industri pariwisata. Tentunya dalam pelaksanaannya diperlukan tanggung jawab dan etika yang benar. Apalagi dengan maraknya eco-tourism, sudut pandang pemasaran bisa lebih diarahkan kepada nilai ramah lingkungan sehingga pelancong-pun secara tidak langsung menjadi lebih peduli akan lingkungan.

10. Memperdalam Riset

prinsip sustainable tourism

Sumber gambar: Wynpnt

Riset menjadi penting karena mampu menemukan inovasi-inovasi baru untuk menjaga keberlangsungan ekosistem, budaya, sosial, ekonomi dari industri pariwisata. Permasalahan bisa saja berevolusi, namun dengan riset, solusi bisa ditemukan lebih cepat untuk menyelesaikan atau bahkan mencegahnya!


Pada dasarnya prinsip-prinsip ini bertujuan untuk mengembangkan keseimbangan antara sosial, ekonomi, dan juga lingkungan. Selain itu, pengelolaan bisnis pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan akan mengurangi kerusakan-kerusakan pada potensi atau nilai pariwisata yang telah ada.

Nah, ternyata pariwisata juga memiliki sisi keberlanjutannya juga ya. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai industri pariwisata, kamu bisa mendalaminya melalui program studi Tourism Business di Universitas Prasetiya Mulya. Tentunya dengan bermodalkan pendidikan yang pas, kamu tentu bisa membentuk industri pariwisata yang lebih baik lagi.

Sumber gambar utama: Unsplash

Have your say