travel blogger Indonesia

Peran dan Kontribusi Travel Blogger Indonesia bagi Industri Pariwisata Pertiwi

Dengan lebih dari 17.000 pulau tropis, Indonesia adalah negera kepulauan terbesar di dunia. Wisata nusantara pun sebenarnya tidak kalah menakjubkan dari destinasi wisata terkenal lainnya seperti Maldives. Ternyata, keindahan alam Indonesia tersebut tidak hanya disorot oleh media-media cetak dan konvensional saja. Sekarang ini, travel blogger Indonesia juga ikut berkontribusi dalam mempopulerkan wisata di nusantara.

Belakangan ini, keindahan alam Indonesia yang tadinya tidak tersorot sudah mulai mendapatkan ketenaran yang seharusnya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh minat dan komitmen para muda-mudi untuk menjelajahi alam Indonesia dan menyebarkannya ke seluruh dunia dengan bantuan teknologi. Para muda-mudi inilah yang kita kenal dengan travel bloggers Indonesia.

Selain mempromosikan keindahan alam Indonesia melalui ceritanya, travel blogger juga melakukan banyak kontribusi penting lainnya dalam meningkatkan popularitas negara Indonesia ini. Tapi, kira-kira seberapa besar sih peran para travel blogger Indonesia ini?

Dampak Travel Blogger Indonesia dalam Memasarkan Wisata Nusantara

travel blogger Indonesia

Sumber: Pitula Indonesia
Di era milenial ini, popularitas media tradisional sudah mulai digantikan oleh berbagai media digital. Televisi dan majalah sudah bukan lagi konsumsi bagi anak muda. Di lain sisi, media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter menjadi suatu aspek yang tidak bisa dipisahkan dalam keseharian. Perusahaan teknologi, Global Web Index sendiri mengeluarkan data pada tahun 2016 yang menyatakan bahwa rata-rata orang usia 16-24 tahun menghabiskan 7,5 jam untuk media online setiap harinya.

Dengan perubahan tren anak muda tersebut, para travel blogger Indonesia jadi memiliki peran yang lebih besar. Dengan beragam online platform dan media sosial pribadi, para travel blogger ini jauh lebih dekat di hati anak-anak muda bila dibandingkan dengan media tradisional.

Lalu, seberapa besar sih pengaruh para travel blogger ini dalam mendorong para anak muda untuk ikut menjelajahi Indonesia? Memang, tidak ada data publik yang menunjukkan seberapa efektif peran influencer seperti travel blogger dalam mendukung pasar pariwisata. Kendati demikian, perusahaan media digital, Skift mengatakan bahwa setengah dari dewan pariwisata menyukai kerja sama dengan influencer. Lebih tepatnya, 44% dari dewan pariwisata global melaporkan return of investment yang baik setelah bekerja sama dengan influencer.

Peran Para Travel Blogger dalam Mendorong Pariwisata Indonesia

travel blogger Indonesia

Sumber: Febrian
Seorang travel blogger biasa membagikan lokasi-lokasi tempat mereka berpetualang dan juga pengalaman mereka ketika berwisata. Tapi, interaksi mereka dengan para followers tidak sebatas itu saja. Para travel blogger juga kerap membagikan hal-hal lazim yang terjadi dalam keseharian mereka. Mulai dari membagikan foto hidangan yang hendak mereka santap, hingga foto supir Gojek yang mereka tumpangi! Selain itu, para travel blogger juga suka menanyakan pendapat followers mereka dan mengajak para followers untuk ikut membagikan pengalaman pribadi. Dan, tentunya para travel blogger ini juga senang berbalas-balasan comments dengan para followers.

Hal tersebut menjadikan travel blogger Indonesia sebagai figur yang lebih membumi dan juga akrab di mata para followers. Ketika mereka mengungkapkan opini tentang suatu objek wisata, para followers akan memandang opini tersebut sebagai suatu hal yang autentik. Walaupun biasanya para travel blogger ini hanya mendokumentasikan perjalanan dengan peralatan seadanya, kedekatan mereka dengan para audiens membuat rekomendasi mereka lebih didengar.

Siapa Saja sih Travel Blogger Indonesia, dan Apa yang Mereka Lakukan?

travel blogger Indonesia

Sumber: Marischka Prudence
Ada banyak sekali travel blogger Indonesia yang rajin membagikan kisah-kisah petualangan nusantara mereka di sosial media. Misalnya saja Febrian, seorang travel enthusiast yang memiliki lebih dari 70 ribu followers di akun Instagram-nya. Pada tanggal 9 September lalu, dia membagikan pengalaman uniknya ketika melakukan wisata budaya ke komunitas Suku Kajang dalam di Sulawesi.

Ada juga Marischka Prudence yang rajin mem-posting foto-foto dari berbagai destinasi wisata. Akun Instagram-nya sendiri memiliki lebih dari 6 ribu post dan lebih dari 90 ribu followers. Dengan media Instagram tersebut, Marischka menunjukkan bahwa ada banyak destinasi di Indonesia yang memiliki panorama mengagumkan. Coba lihat saja fotonya di air terjun Tanggedu yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur.

travel blogger Indonesia

Sumber: @marischkaprue
Kalau bicara soal wisata kuliner, ada juga Melissa Hie. Meskipun tinggal di Singapura, wanita kelahiran Indonesia ini berperan positif dalam memperkenalkan hidangan-hidangan nusantara secara photogenic pada audiens internasional. Mulai dari nasi goreng yang sudah terkenal, teh kotak melati, sampai bakso malang, semua sempat dia tunjukkan di akun Instagram-nya yang sudah memiliki lebih dari 390 ribu followers.

Di luar ketiga nama di atas, masih ada banyak travel blogger lainnya yang berperan dalam mempopulerkan Indonesia sebagai negeri dengan ribuan objek wisata menarik. Setiap travel blogger membawakan ulasan dengan gaya mereka masing-masing dan dengan followers masing-masing pula. Tentunya bila kita memperhitungkan faktor tersebut, jumlah audiens yang bisa dicapai oleh para travel blogger Indonesia menjadi amat besar.


Tidak disangka, dengan perubahan zaman dan budaya anak muda, para travel blogger Indonesia jadi memiliki peran yang semakin penting. Dengan memberitakan berbagai hal soal perwisataan Indonesia, para travel blogger ini jadi mendorong lokasi-lokasi wisata yang menarik dan membantu audiensnya untuk menghindari lokasi wisata yang kurang baik.

Di luar memberitakan lokasi wisata, tentu masih ada hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mendorong pariwisata nusantara ini. Nah, bila kamu termasuk orang yang tertarik dalam bidang pariwisata, kamu bisa mengikuti blog Prasmul Tourism untuk berita-berita dan informasi terkait. Namun, bila kamu ingin terjun langsung dalam memajukan pariwisata Indonesia, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk mengikuti kuliah jurusan Event di Prasetiya Mulya!

Sumber gambar utama: kadekarini

Have your say