co-branding wonderful indonesia

Menilik Penyelenggaraan Co-Branding Wonderful Indonesia dengan 21 Brand Milik Selebriti Indonesia

Pada Selasa, 14 November 2017 lalu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) baru saja menyelenggarakan event yang ditujukan sebagai wadah pembangunan sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia antara pemerintah dengan 21 brand milik selebriti tanah air. Nota Kesepahaman pun telah ditandatangani oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di kantor Kemenpar, Gedung Sapta Pesona.

Nah, sebenarnya, seperti apa sih program co-branding ini? Lalu, siapa saja selebriti yang dilibatkan? Lalu, apa tujuan yang ingin dicapai? Supaya kamu bisa mendapatkan pemahaman lebih lanjut, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa sih Sebenarnya Program Co-Branding Wonderful Indonesia Itu?

co-branding wonderful indonesiaSumber: RadarIndonesiaNews.com
Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) merupakan sebuah forum yang digagas oleh Menpar Arief Yahya. Forum tersebut digunakan untuk mengajak partisipasi berbagai brand nusantara dalam mempromosikan pariwisata Indonesia melalui co-branding partnership dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Co-branding alias penggabungan brand antara Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia sudah terbukti sukses meningkatkan indeks pariwisata Indonesia. Alasannya, Wonderful Indonesia memiliki target pasar global, sementara Pesona Indonesia menggarap target pasar domestik. Dengan melakukan kerja sama, kedua brand tersebut dapat mencakup pasar yang lebih luas dan meningkatkan pariwisata di Indonesia secara menyeluruh.

co-branding wonderful indonesiaSumber: Garda Nasional
 

Bila promosi pariwisata Indonesia dilaksanakan secara serentak dan terkoordanisir oleh brand pemerintah dan brand milik selebritas Indonesia tentunya indeks pariwisata dapat meningkat lebih jauh lagi. Jika ingin menilik lebih jauh lagi, dapat dikatakan bahwa program ini ditujukan untuk meningkatkan brand equity di pasar domestik untuk mendukung perwujudan sektor pariwisata sebagai penopang inti perekonomian Indonesia.

Siapa Saja Selebriti yang Terlibat?

co-branding wonderful indonesiaSumber: Sportourism.id
 

Selebriti yang dilibatkan dalam program Co-Branding Wonderful Indonesia ini meliputi mereka-mereka yang mengelola bisnis sebagai enterpreneur di samping menjadi public figure. Daftar selebriti dan brand yang dibawakan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Andika Pratama dan Ussy – Cirebon Kelana;
  • Baim Wong – Premio;
  • Cathy Sharon – Urban Lips;
  • Denny Cagur – Pekanbaru Cassata;
  • Dewi Sandra – Semarang Wingkorolls;
  • Dhini Aminarti dan Dimas Seto – Cinnamon;
  • Dude Herlino – Scrummy;
  • Gracia Indri – Lenso Manado;
  • Fitri Carlina – Savvana Cake;
  • Hengky Kurniawan – Banana Foster;
  • Indra Bekti – Cirebon Sultana;
  • Irfan Hakim dan Omesh – Bandung Kunafe;
  • Irwansyah – Palembang Lamonde;
  • Ivan Gunawan – Mandjha;
  • Prilly Latuconsina – Really Cake;
  • Raffi Ahmad dan Nagita Slavina – Gigi Eat Cake;
  • Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi – Surabaya Patata;
  • Rossa – Minang Mande Cake;
  • Shireen Sungkar – Rain Cake;

Upaya yang Ditempuh untuk Menyukseskan Co-Branding

co-branding wonderful indonesiaSumber: gardanasional.id
 

Apa sih kira-kira yang akan dilakukan Kemenpar dengan para selebriti tadi untuk menyukseskan program co-branding ini? Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah dengan melakukan promosi melalui media dari jaringan infotainment para selebriti dan jaringan yang dimiliki Kemenpar sendiri.

Upaya tersebut diharapkan dapat memenuhi target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara. Tidak hanya sampai di situ, program ini pun juga diharapkan dapat menggenjot pergerakan 275 juta wisatawan dalam negeri yang sekiranya ingin dicapai pada 2019 mendatang.

Tidak Hanya Melibatkan Brand dari Selebriti

co-branding wonderful indonesiaSumber: sportourism.id
 

Menargetkan 100 co-branding channels hingga akhir tahun 2017, Kemenpar berupaya untuk menghimpun produk-produk premium dalam negeri yang memiliki daya beli tinggi dan bahan bakunya berasal dari nusantara. Hingga saat ini, sudah ada 28 brand nasional yang turut berkolaborasi dengan Kemenpar dalam Co-Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Adapun ke-28 brand lokal yang sudah menyepakati MoU Co-Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia adalah Achilles, Alleira, Batik Danar Hadi, Batik Trusmi, Bon Gout, CRP, Dapoer Solo, Datascript, Garuda Food, Javara, JJ Royal, Kalbe Farma, Krisna Oleh-Oleh, Malang Strudel, Martha Tilaar, Polygon, PT. Pos Indonesia, Rumah Zakat, Sababay Winery, Sahid Group, Sarinah, Sekar Group, Secret Garden, Sidomuncul, Sunpride, Telkomsel, Tiket.com, dan TVRI.

 


Nah, setelah membaca pemaparan di atas, tentunya kamu sudah lebih paham dong mengenai Co-Branding Wonderful Indonesia? Pastinya, komitmen pebisnis dan selebriti Indonesia dalam melibatkan diri untuk turut meningkatkan pariwisata Indonesia sangatlah inspiratif dan patut diacungi jempol.

Kamu pun bisa ikut terlibat memajukan sektor pariwisata dalam negeri dengan segala potensi yang dimiliki bumi pertiwi. Nggak perlu muluk-muluk jadi public figure ataupun pengusaha ternama, kamu bisa mulai dengan mempelajari lebih dalam lagi soal potensi pariwisata Indonesia. Dengan demikian, kamu dapat mengeksplorasi peluang-peluang yang ada untuk mendorong kemajuan pariwisata dalam negeri.

Maka dari itu, segera daftarkan dirimu di jurusan Hospitality Business Universitas Prasetiya Mulya. Di jurusan ini, kamu bisa mempelajari berbagai ilmu dan praktik hospitality yang akan sangat berguna untuk menggencarkan tourism dalam negeri! Yuk, gabung sekarang!

Sumber gambar utama: Indonesia True

Have your say