kuliah jurusan pariwisata

Ingin Jadi Seperti 5 Influencer Ini? Kuliah Jurusan Pariwisata, Yuk!

Kuliah jurusan pariwisata masih mendapatkan pandangan miring dari berbagai kalangan karena banyak yang belum tahu apa yang bisa kamu lakukan setelah menimba ilmu di program studi ini. Namun, jangan sampai pendapat orang lain menghalangimu untuk meraih cita-cita. Seperti kelima influencer ini, dengan bekal kuliah jurusan pariwisata dan pengalaman kerja mereka, sekarang banyak orang kagum akan prestasi mereka. Siapa saja sih mereka itu? Yuk, baca kisahnya di bawah ini!

1. Niki Leondakis

kuliah jurusan pariwisataSumber: The Business Journal
Memulai kariernya di Marriot Hotels Nashville sejak 1982, Niki Leondakis sekarang menjadi CEO di Commune Hotels and Resorts. Tidak lama setelah memulai kariernya itu, Niki menerima tawaran untuk memimpin berbagai divisi di Ritz Carlton Hotel Company pada tahun 1985 hingga 1993. Riwayat kepemimpinannya tidak berhenti sampai di situ saja, pada tahun 1993 Niki langsung diangkat menjadi President and Chief Operating Officer di Kimpton Hotels and Restaurants.

Prestasi Niki lainnya juga nggak kalah membanggakan, lho. Di antaranya adalah ketika San Fransisco Business Times memasukkan nama Niki Leondakis ke dalam salah satu Bay Area’s Most Admired CEO dan 100 Most Influental Women. Wanita yang menjabat sebagai Chair of the Dress for Success Worldwide Board of Directors pada tahun 2009-2011 ini pun terus mendapat penghargaan hingga tahun 2014, seperti Most Powerful Women in Travel oleh Travel Agent Magazine dan The Horst Schulze Award for Excellence in Hospitality.

Sebenarnya, apa rahasianya? Untuk mendapatkan berbagai prestasi tersebut, Niki banyak belajar tentang bagaimana cara menyediakan layanan terbaik bagi para tamu sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi, hanyabukan sekadar menyediakan layanan standar. Niki juga membangun suasana kerja yang ramah dan membangkitkan sense of belonging di tengah para pekerjanya supaya selalu bisa bekerja dengan sepenuh hati.

2. Angela Brav

kuliah jurusan pariwisataSumber: Evening Standard
Siapakah Angela Brav? Dia adalah Chief Executive di InterContinental Hotels Group, pemilik 106.000 kamar di 650 hotel yang tersebar di 34 negara Eropa. Apakah mungkin saja bagi kamu menjadi seperti Angela Brav? Tentu saja sangat mungkin!

Bagaimana caranya? Pertama, pelajari dulu seluruh ilmu hospitality di kuliah jurusan pariwisata. Kemudian, praktikkan! Hal yang perlu kamu catat dari pesan Angela Brav adalah kamu harus menikmati apa yang kamu kerjakan. Bekerja di bidang ini berarti kamu harus sering berpindah-pindah dan harus fokus kepada memenuhi kebutuhan orang-orang. Jadi, sudah siapkah kamu?

Angela Brav sendiri memulai kariernya di perusahaan raksasa itu sejak 1988 dan baru mendapat kesempatan menjadi Chief Executive pada tahun 2011. Performa yang sangat baik dan keahlian yang luar biasa dalam mengatur seluruh properti itu membawa Angela Brav ke puncak kariernya. Artinya, pun bagi seorang Angela Brav yang sangat ahli, tetap diperlukan waktu dan usaha yang tidak main-main untuk mencapai puncak. Jadi, jangan takut untuk mulai sekarang!

3. Jennifer Hsieh

kuliah jurusan pariwisataSumber: Technical.ly
Pernah bermimpi menjadi salah satu orang penting di Marriot International seperti Jennifer Hsieh? Kamu bisa memulainya dari mengambil kuliah jurusan pariwisata! Tidak mudah memimpin perusahaan yang sudah sukses berdiri sejak 1950, tapi Jennifer Hsieh membuktikan bahwa dirinya sangat mumpuni.

Jennifer Hsieh dipuji-puji karena keahliannya memahami perubahan zaman. Bisnis hotel terbesar di dunia itu tidak pernah terkesan tua karena Jennifer Hsieh berhasil merombak semua aspek hotel menjadi lebih modern, lebih milenial. Bukan hanya membawa keberuntungan kepada Marriot, inovasi yang dilakukan Jennifer Hsieh juga sangat memengaruhi bisnis perhotelan di seluruh dunia.

Selain bekerja untuk Marriot, Jennifer Hsieh juga menjadi bagian dari Target Corporation di Strategy & Innovation Team. Kamu juga harus tahu, Jennifer Hsieh sudah berkecimpung di dunia konsultasi manajemen selama 9 tahun di Deloitte Consulting spesialisasi bagian Customer and Market Strategies. Kuliah jurusan pariwisata ternyata bisa melakukan banyak, kan!

4. Jonathan M. Tisch

kuliah jurusan pariwisataSumber: The Tufts Daily
Ada yang tahu kenapa CEO dari Loews Hotels ini dijuluki sebagai the champion of the travel and tourism industry? Bukan sekadar memimpin sebuah perusahaan, Tisch membawa perusahaan serta para pekerjanya berprestasi di bidang travel and tourism. Atas kerja kerasnya mengembangkan 23 properti mewah Loews Hotel dari San Fransisco hingga New York, Tisch dinobatkan menjadi Person of the Year pada tahun 2009.

Tisch juga dikenal sangat dermawan. Tidak jarang Tisch memberikan bantuan dana kepada almamaternya, Universitas Tuft. Tisch juga memiliki lembaga pendidikannya sendiri, yaitu Jonathan M. Tisch College of Civic Life, yang bertujuan untuk mengajak para pemuda supaya dapat melibatkan masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Sekarang kamu tahu, kan kuliah jurusan pariwisata bisa jadi seperti Jonathan M. Tisch yang sangat sukses dan dermawan!

5. Daniel E. Craig

kuliah jurusan pariwisataSumber: Picsart
Berbeda dari keempat influencer lainnya, Daniel E. Craig adalah pengembang aplikasi untuk memonitor reputasi hotel. Kamu juga pasti pernah berkunjung ke sebuah penginapan dan berfoto ria sambil merangkai caption keren. Namun, tidak jarang juga orang mengunggah foto disertai dengan review jelek untuk penginapan yang disinggahinya.

Nah, Daniel E. Craig tahu betul bahwa review dari para tamu tidak boleh diabaikan. Dia pun sempat terancam dipecat karena salah satu tamunya pernah mengeluh di internet hingga meminta atasan Craig, yang pada saat itu menjabat jadi General Manager, untuk memecatnya. Dengan segala pengalamannya di dunia perhotelan, Daniel E. Craig memulai bisnis aplikasi pemantau reputasi brand. Siapa sangka, kuliah jurusan pariwisata akhirnya menjadi CEO dari perusahaan pengembang aplikasi?


Seperti yang sudah kamu baca di atas, bahkan para CEO pun merintis usahanya dari tingkat paling bawah. Mereka juga tidak luput dari ancaman-ancaman pekerjaan. Namun, tenang saja, kamu bisa menguasai semua dasar-dasar hospitality mulai dari sekarang supaya sanggup menghadapi semua tantangan. Yuk, kuliah jurusan pariwisata di Hospitality Management Prasetiya Mulya! Daftarkan dirimu sekarang, ya!

Sumber gambar utama: AUG Global

Have your say