Daya tarik pariwisata Indonesia

Terus Berkembang Secara Stabil, Daya Tarik Pariwisata Indonesia Semakin Memukau Dunia

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau daya tarik pariwisata Indonesia amatlah tinggi. Lihat saja TTG Travel Awards tahun ini, Indonesia dinobatkan sebagai Destination of the Year, mengalahkan Thailand yang menjadi juara tahun lalu. Selain itu, dalam daftar peringkat pariwisata dunia yang dipublikasikan oleh UNWTO (United Nations World Tourism Organization), Indonesia mendapat peringkat 10 dalam kategori destinasi wisata Asia-Pasifik.

Kalau dilihat dari segi statistik, jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia juga senantiasa meningkat. Pada tahun 2015, Indonesia menjadi tuan rumah dari 9,73 juta wisatawan asing. Pada tahun 2016, terdapat peningkatan 15,5% dengan 12 juta wisatawan asing. Di tahun ini, terhitung sudah 10,4 juta wisatawan asing mengunjungi Indonesia hingga bulan September. Dengan angka tersebut, bisa dikatakan bahwa daya tarik pariwisata Indonesia semakin menguat dan berkembang secara stabil.

Untuk mengetahui secara lebih jelas lagi mengenai status daya tarik Indonesia, yuk kita simak ulasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Mengulas Daya Tarik Pariwisata Indonesia yang Terus Meningkat

Keunggulan Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

Daya tarik pariwisata Indonesia

Sumber: Urlaubsguru
 

Jika dibandingkan dengan destinasi pariwisata internasional lainnya, Indonesia memiliki sejumlah keunggulan. Berdasarkan World Economic Forum, keunggulan utama dari Indonesia adalah biaya pariwisatanya yang amat kompetitif. Dibandingkan dengan destinasi teratas seperti Jepang, Jerman, Italia, ataupun Perancis, Indonesia memiliki harga yang jauh lebih ekonomis dengan keindahan wisata yang tidak main-main juga.

Sebagai perbandingan, dengan uang 1 dolar, seorang turis dari Amerika Serikat mungkin hanya bisa membeli makanan ringan di negara asalnya. Namun, di Indonesia dia bisa membeli seporsi nasi lengkap beserta dengan lauknya. Jika mau dibandingkan lagi dengan destinasi negara lain, seperti Jepang ataupun Singapura, ia harus menghabiskan lebih banyak lagi biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Dari situ, kita bisa melihat bahwa Indonesia adalah pilihan destinasi wisata yang lebih ekonomis.

Daya tarik pariwisata Indonesia

Sumber: Travel Lush
 

Keunggulan lain dari Indonesia adalah kekayaan alam dan budayanya. Tidak hanya memiliki berbagai cagar alam dengan fauna unik seperti Komodo, Indonesia juga memiliki berbagai destinasi wisata budaya yang mengagumkan. Sebut saja Candi Borobudur yang menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNICEF. Selain itu, setiap provinsi Indonesia juga menawarkan budaya lokal unik yang dapat menarik rasa penasaran dari wisatawan asing.

Dampak Peningkatan Daya Tarik Pariwisata Indonesia Terhadap Bangsa

Daya tarik pariwisata Indonesia

Sumber: Indonesia Travel
 

Dengan perkembangan pariwisata Indonesia yang terus meningkat, hal tersebut tentunya memberikan dampak positif yang membawa keuntungan bagi Indonesia, terutama terhadap sektor ekonomi. Dengan maraknya pembangunan hotel dan infrastruktur lainnya untuk mengakomodasi wisatawan, lapangan pekerjaan baru pun juga ikut terbentuk. Tentunya, ada juga devisa negara yang datang dari para turis yang bisa dialokasikan untuk menjaga kelestarian alam Indonesia.

Selain itu, infrastruktur dan pelayanan transportasi yang terus ditingkatkan untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitor internasional juga pada akhirnya akan dinikmati oleh warga Indonesia. Ketertarikan wisatawan asing akan budaya lokal yang menghibur mereka berperan pula dalam mempopulerkan dan menjaga keberlangsungan budaya tersebut. Misalnya saja tari-tarian khas daerah yang mulai hilang di pasar nasional karena rendahnya minat dari dalam negeri. Namun, karena permintaan wisatawan mancanegara yang terus meningkaat, budaya tersebut bisa tetap bertahan.


Di negara manapun, pariwisata memiliki peran yang tidak kecil dalam menyokong pembangunan dan perekonomian nasionalnya. Secara langsung maupun tidak langsung, sektor pariwisata bisa dijadikan senjata negara untuk memberantas kemiskinan, menyediakan lapangan pekerjaan, menjaga kelestarian lingkungan, sekaligus membentuk budaya damai yang penuh pengertian antar bangsa-bangsa dunia.

Jika kamu merasa terdorong untuk ikut berperan dalam melestarikan alam nusantara dan terus memajukan daya tarik pariwisata Indonesia, ada baiknya kamu mengambil bidang studi hospitality di jenjang perkuliahan di Universitas Prasetiya Mulya! Selain itu, kamu juga bisa mengetahui lebih banyak berita mengenai pariwisata Indonesia dengan mengikuti blog Prasmul Tourism.

Sumber gambar utama: Kuoni

Have your say