Pariwisata di Sulawesi Featured

Objek Pariwisata di Sulawesi Ini Patut Kamu Kunjungi

Ingin tahu bagaimana kerennya pariwisata di Sulawesi? Jika iya, artikel ini pas banget untuk kamu baca. Mulai dari ujung Sulawesi paling Utara hingga Selatan, ada banyak objek pariwisata yang sangat mengagumkan. Dijamin, kamu pasti terpesona dengan keindahannya. Sudah banyak fasilitas dan akomodasi yang akan menjamin keseruan wisata kamu di Sulawesi juga, lho. Jadi, jangan takut untuk berpetualang ke pulau terluas keempat di Indonesia ini! Semakin penasaran dengan wisata Sulawesi? Yuk langsung simak ulasan di bahwa ini!

1. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Pariwisata di Sulawesi 1

Sumber: MLDSPOT

Sudah pernah berkunjung ke taman laut kebanggaan rakyat Sulawesi Utara dan tentunya kebanggaan rakyat Indonesia ini? Taman laut ini berada di kawasan Segitiga Terumbu Karang, sehingga ditinggali oleh 390 spesies terumbu karang dan lebih dari 3000 biota laut lainnya. Salah satu keunggulan objek pariwisata di Sulawesi Utara ini adalah dinding terumbu karang raksasanya. Keren banget!

Kamu bisa naik kapal bermesin ganda selama 50 menit atau naik speedboat selama 35 menit dari Kota Manado untuk sampai di sana. Kawasan taman laut yang diresmikan sejak tahun 1991 ini meliputi Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage. Kamu bisa mendapatkan beragam akomodasi mulai dari harga backpacker hingga bintang lima di sana.

Meskipun sudah masuk ke diving bucket list banyak turis lokal dan mancanegara, Taman Nasional Bunaken masih sangat terjaga karena juga mendapatkan bantuan dari WWF, lho. Tips untuk yang ingin berwisata ke Taman Nasional Bunaken, datanglah para bulan Mei hingga Agustus ketika air laut lebih hangat dan lebih jernih. Tapi, kamu juga bisa datang pada bulan lain, kok karena mereka buka setiap saat!

2. Air Terjun Saluopa, Sulawesi Tengah

Pariwisata di Sulawesi 2

Sumber: KSMTour.com

Ingin bermain di pantai yang bersih dan dikelilingi bukit-bukit hijau? Datanglah ke Pantai Tanjung Karang atau Pantai Talise. Kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Pasoso, tempat para penyu bertelur. Tapi, kalau kamu mau yang sedikit berbeda, datanglah ke Air Terjun Saluopa!

Salah satu objek pariwisata di Sulawesi Tengah ini direkomendasikan oleh turis lokal dan mancanegara karena keindahan dan kejenihan airnya. Airnya yang segar meluncur deras setinggi 25 meter dari mata airnya di puncak gunung melewati 12 tingkatan. Tidak jarang pelangi hadir di antara percikan-percikan air jernih itu.

Objek pariwisata di Sulawesi Tengah ini berada di 12 km sebelah barat Kota Tentena. Untuk menuju air terjunnya, kamu hanya perlu berjalan sejauh 500 meter. Sesampainya di sana, kamu bisa berfoto ria ataupun berenang di kolam-kolam kecil yang ada di tiap tingkatannya. Jangan lupa menikmati kesejukan hutan tropisnya, ya!

3. Festival Sayyang Pattudu, Sulawesi Barat

Pariwisata di Sulawesi 3

Sumber: armandarsimplestudio.blogspot.com

Bukan hanya pemandangan alamnya yang indah, objek pariwisata di Sulawesi juga berupa festival budaya. Kamu bisa ikut memeriahkan Festival Sayyang Pattudu atau Kuda Pattudu yang diselenggarakan oleh masyarakat suku Mandar di Sulawesi Barat. Di sana, kamu akan disuguhkan atraksi unik, yaitu kuda menari.

Festival ini berasal dari tradisi suku Mandar untuk merayakan pernikahan dan merayakan seorang anak yang baru saja khatam Alquran. Mereka akan diarak berkeliling kampung di atas kuda yang menari diiringi rebana dan pantun. Sudah terbayang bagaimana meriahnya?

Sejak Sulawesi Barat terlepas dari Sulawesi Selatan pada tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar berusaha untuk melestarikan budaya ini. Mereka merayakannya secara rutin dan besar-besaran setiap tahunnya, sekitar bulan Desember. Biasanya, festival ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara perayaan HUT Kabupaten Polewali Mandar, yaitu pada tanggal 29 Desember.

4. Pulau Cinta, Gorontalo

Pariwisata di Sulawesi 4

Sumber: Tukang Jalan

Sering disandingkan dengan Maladewa, ternyata Pulau Cinta di Gorontalo memang tidak kalah indah. Daripada jauh-jauh ke negeri orang, lebih baik berkunjung dulu ke objek pariwisata di Sulawesi ini. Pulau kecil ini dikelilingi oleh 15 cottage milik Eco Resort, satu-satunya penyedia penginapan di sana. Bukan hanya keindahan alamnya saja, peninggalan sejarah dan kisah asal-usul Pulau Cinta ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal dan mancanegara.

Konon, di zaman kependudukan Belanda dulu, ada pangeran Gorontalo yang terpincut kecantikan noni Belanda. Namun, hubungan mereka tidak mendapatkan restu. Nah, di Pulau Cinta itulah mereka bertemu secara diam-diam. Oleh sebab itu, suasana romantis di sini sangat terasa.

5. Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

Pariwisata di Sulawesi 5

Sumber: Batik platform

Sudah menonton film Kong: Skull Island? Kamu bisa mengunjungi Pulau Labengki yang mirip dengan tempat tinggal penguasa hutan itu. Pulau Labengki terdiri dari gugusan pulau karang besar dan karang kecil yang amat cantik. Airnya sangat jernih, pasir putihnya mempesona, dan pemandangan bawah lautnya sangat memukau. Oleh sebab itu, sempatkanlah dirimu untuk menyelam di Pulau Labengki, ya. Kamu hanya perlu menempuh jarak 70 km dari pusat Kota Kendari untuk ke Pulau Labengki, kok! Dijamin worth it!

6. Lolai, Sulawesi Selatan

Pariwisata di Sulawesi 6

Sumber: useewhatisaw.com

Lolai adalah objek pariwisata di Sulawesi Selatan yang masih dikembangkan. Yang membuat para turis jatuh cinta dengan tempat ini adalah pemandangan kabut tebal yang menyelimuti pegunungan dan kabut di datarang tinggi Lolai, Kabupaten Toraja Utara. Para turis rela bermalam menggunakan tenda untuk menikmati pemandangan yang terkesan mistis, namun sangat indah di Negri di Atas Awan ala Toraja itu.

Asal kamu tahu, berkat kabut Lolai itu, pendapatan penduduk lokal, termasuk para petani, jadi meningkat tajam, lho. Mereka mulai berbisnis sewa tenda, kamar hotel, vila, hingga menjual makanan hasil tanam sendiri. Jadi penasaran bagaimana indahnya kabut di dataran Lolai, ya!


Masih banyak lagi objek pariwisata di Sulawesi yang harus kamu kunjungi selain keenam itu. Memang, belum semuanya memiliki fasilitas dan akomodasi bintang lima seperti di Pulau Jawa atau pulau-pulau Indonesia lainnya yang dekat dengan pemerintah pusat. Namun, bukan berarti kamu bisa melewati keindahannya begitu saja!

Kamu juga bisa, lho, berpartisipasi untuk memajukan daerah-daerah pariwisata di Sulawesi. Langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah menempuk pendidikan di jurusan Hospitality Universitas Prasetiya Mulya. Penasaran bagaimana bisa berkontribusi untuk mengelola pariwisata Indonesia? Yuk, segera daftar sekarang!

Sumber gambar utama: Wonderful North Sulawesi

Have your say