Raja Ampat

Tak Hanya untuk Penyelam Profesional, Raja Ampat Juga Punya Lokasi Diving Seru untuk Pemula

Para traveler pasti sudah familiar dengan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Beberapa tahun ini, popularitasnya melesat sebagai salah satu daerah Indonesia terindah yang harus didatangi, terutama untuk para pecinta diving atau aktivitas menyelam. Tidak hanya memiliki garis pantai yang memukau, ternyata dunia bawah laut Raja Ampat pun sangat menawan. Buktinya, jutaan turis dari luar negeri datang jauh-jauh untuk mengintip keindahan bahari Raja Ampat setiap tahunnya.

Secara total, Raja Ampat memiliki lebih dari 1.700 spesies bawah laut, termasuk ikan, kepiting, pari, gurita, hiu, lumba-lumba, hingga ikan paus. Lembaga konservasi alam telah menobatkan Raja Ampat sebagai kepulauan dengan kekayaan bahari terlengkap di dunia! Bahkan, 75% variasi karang yang ada di dunia dapat ditemukan di Raja Ampat. Sehingga, liburan ke Raja Ampat tentu tidak lengkap tanpa menyelami dunia di bawah permukaan airnya.

Namun, kamu tetap harus berhati-hati ketika memutuskan untuk menyelam di Raja Ampat. Tempat yang memiliki 76 spot diving ini memiliki arus laut yang cukup kuat. Oleh karena itu, kalau kamu bukan diver profesional, simak dulu 2 lokasi penyelaman di Raja Ampat yang aman untuk para penyelam pemula!

1. Arborek

Raja AmpatSumber gambar: Adriana Basques
 

Walaupun masih belum memiliki lisensi penyelam, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat di Pulau Arborek. Pulau tropis yang satu ini punya pemandangan indah layaknya gambar kartu pos dengan gradasi warna biru laut yang menjernihkan mata, mulai dari biru toska hingga biru kegelapan ketika laut mulai dalam. Hamparan pasir putih yang lembut dengan nyiur melambai dijamin membuat setiap pengunjung ingin segera menceburkan diri di segarnya air laut!

Tak hanya pantainya yang indah, spot yang satu ini juga aman bagi para penyelam pemula yang ingin berlatih. Pantainya landai dan tidak dipenuhi karang. Selain itu, tidak banyak arus dan kedalaman lautnya pun bertahap, mulai dari 2 hingga 15 meter. Ada beberapa dive center yang siap mengajarkanmu cara menyelam dengan aman. Tidak perlu takut! Karena para pelatih profesional akan mengajakmu melihat keindahan Arborek yang terkenal dengan banyaknya school of fish di dalam air. Untuk yang sudah berlisensi, kamu bisa menyelam lebih dalam hingga 20 meter untuk bertemu dengan gerombolan ikan pari manta.

2. Yenbuba

Raja AmpatSumber gambar: Tripadvisor

Dibandingkan dengan 75 spot diving lain di Raja Ampat, Kampung Yenbuba mungkin jadi salah satu yang belum cukup populer. Tapi justru karena itulah, kamu bisa menikmati keindahan pulau ini layaknya berada di pulau pribadi, sehingga tidak perlu berebut dengan banyaknya turis lain. Kampung Yenbuba menjadi salah satu destinasi diving favorit karena memiliki air laut yang jernih dan variasi ikan yang tinggi. Karena tidak banyak turis yang mengunjungi, maka ketika menyelam kamu bisa melihat bahwa kekayaan biotanya masih sangat terawat dengan warna-warni yang indah.

Bagi para penyelam pemula, Yenbuba adalah salah satu spot diving yang aman untuk dijajal. Lautnya memiliki kedalaman yang bertahap, sehingga cocok untuk berlatih selam. Namun, sebaiknya kamu menghindari menyelam saat air baru surut dan pasang, karena arus laut di Yenbuba cukup kencang di saat-saat tersebut. Pastikan juga bahwa kamu selalu didampingi oleh pelatih diving yang sudah profesional, ya!


Ternyata, bukan hanya untuk diver profesional, Raja Ampat pun bisa dikunjungi oleh para penyelam pemula yang hendak mengintip keindahan baharinya. Kepulauan ini memang pantas dinobatkan menjadi salah satu destinasi diving terbaik di dunia, soalnya terdapat banyak sekali ragam biota laut yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Untuk menimatinya secara lebih optimal, tentu kamu bisa mengambil lisensi selam dulu sebelum mendarat ke Raja Ampat. Dengan begitu, kamu bisa mengunjungi lebih banyak spot diving di laut yang lebih dalam, sehingga kamu pun bisa puas bertualang di dunia bawah lautnya!

Jika kamu adalah traveler sejati yang memang memiliki passion untuk mengembangkan destinasi pariwisata Indonesia, Prasetiya Mulya memiliki program studi Tourism Business yang bisa kamu ambil. Di jurusan ini, kamu bisa belajar secara langsung cara mempopulerkan destinasi wisata Indonesia, mengembangkan potensi lokal, serta meningkatkan industri pariwisata secara keseluruhan. Pasti ada kebanggaan sendiri ketika Indonesia bisa semakin dikenal sebagai must-visit destination di mata wisatawan mancanegara.

Yuk, segera daftarkan dirimu sekarang ke jurusan Bisnis Pariwisata di Universitas Prasetiya Mulya!

Sumber gambar utama: Xtremespots

Have your say