destinasi wisata lokal

5 Destinasi Wisata Lokal yang Cocok untuk Kamu yang Suka Menyendiri

Memiliki pribadi yang suka menutup diri dari lingkungan luar atau introvert, memang sering menjadi kendala untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata lokal maupun mancanegara. Bayangan akan keramaian di tempat wisata yang mengharuskanmu bertemu banyak orang sering kali membuat niat untuk pergi menjadi urung.

Tapi, bukan Indonesia namanya jika tidak memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang indah. Dari semua tempat wisata yang ada di Indonesia, 5 pilihan destinasi wisata lokal berikut ini sangat cocok untuk kamu yang suka menyendiri dan menyepi. Ada apa saja?

1. Gili Nanggu, Lombok, Nusa Tenggara Barat

destinasi wisata lokalSumber: Bangjo Tours
 

Pamornya memang tidak seterkenal Gili Trawangan, tapi gili yang satu ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dengan pantai cantik, hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih.

Lokasinya berada tak jauh dari Gili Kendis dan Gili Sindak. Kamu bisa menempuhnya dengan menyewa boat dari Pelabuhan Lembar atau Tawun.

Karena masih jarangnya wisatawan yang berkunjung, suasana di sini sangat tenang. Itulah alasan mengapa Gili Nanggu sangat cocok untuk kamu yang suka menyendiri. Tidak banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, kecuali berenang atau snorkeling. Suasana alamnya yang hening dan fenomena matahari tenggelam yang indah akan membuatmu nyaman dan seolah tengah berada dalam duniamu sendiri.

2. Rumah Nenek di Kepulauan Sombori, Sulawesi Tengah

destinasi wisata lokalSumber: @Starcooldust
 

Destinasi wisata lokal selanjutnya berada di Kepulauan Sombori, Sulawesi Tengah. Tempat ini menawarkan pemandangan menakjubkan dengan hamparan air biru hingga batuan karst yang menjulang tinggi. Tak hanya itu, bagi kamu yang menyukai olahraga diving atau snorkeling, keindahan bawah lautnya mampu membuat kamu berdecak kagum.

Ada spot khusus bagi kamu yang ingin menyendiri di tempat ini, namanya Rumah Nenek. Letaknya di Teluk Sombori dengan air berwarna hijau tosca. Suasananya damai, karena rumah ini tersembunyi di perairan yang tenang. Di belakangnya menjulang sebuah bukit karang yang kokoh.

Selain Rumah Nenek, kamu juga bisa mampir ke Gua Allo dengan pesona yang menakjubkan. Keindahan lokasi tersebut bahkan disebut-sebut mirip dengan pemandangan yang bisa kamu temui di Phi Phi Island, Thailand.

3. Air Terjun Luweng Sampang, Yogyakarta

destinasi wisata lokalSumber: IDN Times
 

Yogyakarta tak hanya memiliki objek wisata spiritual dengan kemegahan candi-candi bersejarahnya. Bagi kamu yang suka menyendiri, cobalah berkunjung ke Air Terjun Luweng Sampang yang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Jaraknya sekitar 30km atau dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari jantung Yogyakarta.

Air Terjun Luweng Sampang ini dihiasi dengan batuan-batuan cadas berwarna putih dan birunya air. Daya tariknya terletak pada bebatuannya yang terkena erosi air sehingga terkikis alami dan membentuk garis-garis unik. Tak heran jika keindahannya setara dengan “Grand Canyon” di Pangandaran.

4. Wae Rebo, Flores

destinasi wisata lokal

Sumber: Aneka Tempat Wisata
 

Kalau Peru punya Machu Picchu, maka Indonesia punya Wae Rebo. Destinasi wisata lokal yang satu ini merupakan lanskap hijau yang dikepung pegunungan serta udara dingin. Desa yang menjadi ikon wisata di Flores ini bersemayam di atas gunung dan bisa dicapai dengan jalan kaki selama kurang lebih empat jam dengan menembus hutan rimbun.

Hanya terdapat tujuh bangunan yang bisa kamu temukan di Desa Wae Rebo ini. Jumlah tersebut memang diatur oleh peraturan adat dan tidak boleh berubah. Di sini, kamu bisa menyepi sekaligus melebur dengan masyarakat lokal, menginap di salah satu rumah adat, dan bercengkrama dengan mereka sambil minum kopi. Karena sinyal telepon selular tidak bisa mencapai lokasi ini, Wae Rebo cocok sekali bagi kamu yang ingin menjauh dari hiruk pikuk keramaian.

Untuk bisa mencapainya, kamu bisa melakukan perjalanan dari Labuan Bajo. Dari sini, perjalanan dilanjutkan selama lima jam menggunakan mobil menuju Ruteng. Dari Ruteng, perjalanan dilanjutkan menuju Dintor, desa terdekat trek pendakian.

 

5. Teluk Triton, Kaimana, Papua

destinasi wisata lokalSumber: Geomagz – ESDM
 

Papua tak hanya punya Raja Ampat yang mempesona. Buktinya, Teluk Triton bahkan disebut-sebut memiliki pesona yang lebih indah dibanding Raja Ampat. Letaknya berada di Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Untuk mencapai destinasi wisata lokal ini, kamu bisa menyewa perahu dari Pelabuhan Kaimana.

Teluk yang juga dijuluki The Fish Empire ini juga sering disebut sebagai Kota Senja. Menawarkan gugusan pulau karang tinggi dengan pepohonan hijau dan air yang jernih, kamu bisa melihat terumbu karang dan aneka biota laut di dalamnya dengan jelas. Di sini, kamu juga akan menemukan pasir putih dan objek wisata lainnya. Karena gaungnya belum diketahui oleh banyak wisatawan, kamu akan mendapatkan kedamaian dan ketenangan sempurna untuk menyendiri di Teluk Triton.


Kelima pilihan destinasi wisata lokal di atas tentunya hanya sebagian kecil dari banyaknya lokasi wisata potensial di bumi nusantara ini. Masih ada banyak spot-spot cantik lainnya yang bisa kamu andalkan sebagai tempat berlibur untuk menyendiri dan menyepi.

Menjadi seorang introvert bukan berarti kamu tak bisa menjadi seorang traveler sejati, bukan? Bagi kamu yang memilki passion untuk mengembangkan destinasi pariwisata Indonesia, Prasetya Mulya memiliki program studi Tourism Business yang bisa kamu ambil. Di jurusan ini, kamu bisa belajar secara langsung cara mempopulerkan destinasi wisata Indonesia, mengembangkan potensi lokal, serta meningkatkan industri pariwisata secara keseluruhan.

Yuk, segera daftarkan dirimu sekarang ke jurusan Bisnis Pariwisata di Universitas Prasetiya Mulya!

Sumber Gambar Utama: We Are Travel Girls

Have your say